Wednesday, November 2, 2011

Menganalisa Cara Pengiriman Data Berdasarkan Topology



BORANG PRAKTIKUM(Jaringan Komputer / IP& Infrastruktur 1)

Kelompok       : III.
NIM                   : DTI200912                        SIR200938
Nama               : Eliya Dewi S.                        Esti Yuliana
Tujuan            : Menganalisa Cara Pengiriman DataBerdasarkan Topology
Rancangan Jaringan dan Hasil Analisis

1.   Peer to Peer

Peer to Peer adalah adalah suatu teknologi sharing(pemakaian bersama) resource dan service antara satu komputer dan komputer yanglain. pengertian yang lebih tepat mengenai peer to peer (p2p) adalah sistemterkomputerisasi Client-Server dimana suatu komputer berfungsi sebagai clientsekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaranresource antara dua komputer secara langsung (real time). Jaringan ini memungkinkan 1 komputer berfungsi sebagai client maupun server sehingga pengiriman antara 1 komputer dengan komputer lainnya bisa berjalan dengan lancar.




2.   Hub

Dengan Hub transfer data dilakukan dengan mengecek semua IP address yang terhubung dalam sebuah jaringan. Kelemahan dari Hub adalah jika ada 2 komputer atau lebih mengirim data ke 1 komputer yang sama maka akan terjadi tabrakan data (crash).




3.   Switch



Dengan Switch transfer data langsung kepada IP yang dituju, walaupun ada 2 komputer yang mengirimkan ke 1 komputer yang sama tidak akan terjadi crash.
4.   Double Switch Beda Network ID
Double switch dengan network id yang berbeda membuat pengiriman data tidak bisa dilakukan

KESIMPULAN :Peer to peer adalah jenis jaringan yang memungkinsebuah computer bisa bertindak sebagai server atau client. Perbedaan Hub dan Switch terletak dari bagaimana packet data /informasi yang dikirim kepada mereka diproses. Ketika data masuk ataudatang ke Hub, Hub akan mengambil data tersebut dan akan mentransmisikannya kesetiap komputer yang terhubung ke Jaringan. Tetapi lain halnya dengan Switch,ia akan menerima data tersebut dan hanya akan mengirimkannya ke komputer yangberkepentingan menerima data tersebut. Pada percobaan ke-4 double switch dengannetwork id yang berbeda membuat pengiriman data tidak bisa dilakukan, transferdata sukses jika network id sama kalaupun menginginkan network id berbeda harusmenggunakan bantuan router


No comments:

Post a Comment

Task of Study Information Technology Headline Animator

Subscribe this blog